Polres Melawi Buka Rekrutmen Anggota Polri

RELASIPUBLIK.OR.ID, MELAWI KALBAR II Dalam proses rekrutmen proaktif Bintara Polri Tahun Anggaran 2024, P, melalui Pencarian bakat (talent scouting) merupakan proses penting dalam rekrutmen calon anggota Polri yang memiliki bakat khusus, minat, dan potensi yang dibutuhkan oleh institusi Polri.

Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H melalui Ps Kaag SDM Polres Melawi AKP Haryono menyampaikan Proses ini melibatkan penilaian terhadap prestasi akademik dan non-akademik calon anggota. “Dalam kategori prestasi akademik, calon anggota dapat berasal dari berbagai bidang studi, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mereka yang masuk dalam peringkat 5 besar Olimpiade Sains Tingkat Provinsi atau seluruh peserta Olimpiade Sains Nasional memiliki peluang untuk menjadi bagian dari Polri” Jelasya.

Sementara itu, dalam kategori prestasi non-akademik, calon anggota yang pernah mengikuti event olahraga tingkat nasional seperti PON, POPNAS, SEA GAMES, dan ASIAN GAMES, serta direkomendasikan oleh Kemenpora RI atau KONI, juga memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Polri. Selain itu, atlet-atlet yang berprestasi dalam cabang olahraga beladiri, menembak, renang, selam, dan atletik, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka juga diincar oleh Polri”

BACA JUGA :  Sambangi Gudang Air Minum Kemasan, Kapolsek Banjar Berikan Pesan Kepada Satpam

Di sisi lain, calon anggota Polri juga bisa berasal dari bidang keagamaan. Mereka yang meraih juara 1, 2, atau 3 dalam MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) dan Musabaqah Qira’ati Kutub, serta Jambore Nasional Agama Hindu, Ut DharmaGita (Agama Hindu), dan Sippa Dhamma Samajia (Agama Budha) tingkat provinsi, memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Polri” Tamahya.

BACA JUGA :  Lukas Enembe Ditangkap, Polri Minta Masyarakat Jaga Papua Tetap Kondusif

Prestasi akademik maupun non-akademik yang dimiliki calon anggota Polri harus terbukti dalam rentang waktu maksimal 3 tahun sebelum pendaftaran Rekrutmen Proaktif Polri Tahun Anggaran 2024. Bukti-bukti prestasi tersebut dapat berupa piagam, piala, medal, atau surat keterangan resmi dari instansi terkait.

Dengan demikian, proses pencarian bakat untuk calon anggota Polri sangatlah selektif dan memperhatikan berbagai aspek prestasi calon anggota baik dari segi akademik, non-akademik, maupun keagamaan.

BACA JUGA :  Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Gagalkan PMI Non Prosedural Di Jalur Tikus Sektor Kanan PLBN Entikong

( Red / Tim )

 

Bagikan Artikel :

Komentar