Pani Gold Project dan DLH Kompak Bersihkan Sampah di Pantai Desa Pohuwato

Relasipublik.or.id, Pohuwato – Pani Gold Project dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pohuwato menegaskan komitmen bersama untuk senantiasa berkolaborasi dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan di kawasan Bumi Panua.

Hal itu salah satunya ditunjukkan dengan inisiatif bersama menyelenggarakan kegiatan bersih pantai antara Pani Gold Project, Kantor DLH dan Desa Pohuwato, Kecamatan Marisa di pesisir Teluk Tomini pada Minggu, 25 Februari 2024.

Kegiatan bersih pantai ini merupakan bentuk komitmen dan kepedulian Pani Gold Project terhadap konservasi lingkungan hidup. Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang bertepatan dengan tanggal 21 Februari 2024.

External Affairs Manager Pani Gold Project Mahesha Lugiana mengatakan kegiatan bersih pantai ini adalah wujud komitmen perusahaan terhadap lingkungan hidup dan kebersihan sekitar.

BACA JUGA :  Ganjar Didampingi Kapolda dan Pangdam Tinjau Ibadah Perayaan Natal di Kota Semarang

“Pani Gold Project hadir memberikan manfaat ke masyarakat. Kami berinisiatif menyelenggarakan kegiatan bersih pantai agar lingkungan sekitar kita bersih dan sehat,” tambah Mahesha.

Dalam lingkup Pani Gold Project, kegiatan terkait lingkungan berada di bawah pengawasan Departemen Health, Safety and Environment (HSE) atau departemen yang menangani kesehatan, keselamatan dan lingkungan. Pengawasan HSE ini amat penting di industri pertambangan karena langsung diawasi pemangku kepentingan.

Kabid Penaatan dan Penataan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pohuwato Yustinata Buluatie memberikan dukungan dan apresiasi kepada PT Merdeka Copper Gold, dalam hal ini Pani Gold Project, yang telah ikut serta memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang kali ini bertemakan “atasi sampah plastik dengan cara produktif.”

BACA JUGA :  Berbekal Pengalaman.Mas Nuryudi Calonkan Diri Jadi Ketua LPMK Manukan Kulon

“Kami berharap ke depan Pani Gold Project rutin turut serta dalam memperingati hari-hari besar lingkungan hidup. Kami siap mendukung kegiatan Pani Gold Project,” tambah Yustina.

Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas (PSLB3 dan PK) Martin Rabiasa berharap seluruh warga mulai memilah sampah di rumah untuk mengurangi volume sampah yang dibuang.

Senada dengan harapan DLH, Kevin Philips Barakati dari Tim Enviro Pani Gold Project mengatakan kegiatan ini menjadi langkah nyata perusahaan untuk menggerakkan karyawan agar lebih peduli terhadap lingkungan, dalam hal ini lingkungan pantai agar bersih dari sampah.

Diharapkan kegiatan ini berdampak baik bagi kehidupan bermasyarakat lingkar tambang, Kevin juga berharap aktivitas memungut sampah ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

BACA JUGA :  Pangdam XIII Merdeka Jamin Keamanan Pani Gold Project

“Memang memungut sampah adalah hal remeh, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya, tapi perlu disadari jika hal remeh yang dilakukan secara kolektif dampaknya bisa luar biasa,” ujarnya

“Kegiatan ini sejalan dengan tujuan dalam kebijakan lingkungan hidup Proyek Emas Pani, yaitu menjalankan pertambangan secara baik dan berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pohuwato Ramlan Kajim dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT PETS dan seluruh karyawan yang telah mengumpulkan sampah di pantai.

“Kami sebenarnya telah mengumpulkan sampah secara rutin, namun karena [volume] kiriman sampah dari hulu terlalu banyak, kami tidak mampu [membersihkannya],” tambahnya.

Bagikan Artikel :

Komentar