Panglima TNI Beri Sambutan Secara Virtual Di Forum Internasional Islamabad Security Dialog

RELASIPUBLIK.OR.ID, LABUAN BAJO || Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono didaulat untuk memberi sambutan secara virtual di forum internasional Islamabad Security Dialog, bertempat di ruang kerja sementara Panglima TNI, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (10/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengungkapkan rasa bangganya karena meskipun tidak dapat menghadiri acara tersebut secara langsung namun masih didaulat untuk memberikan sambutan serta pandangannya terhadap isu global yang salah satunya tentang perang Rusia Ukraina yang telah mengubah konstelasi politik dunia.

Menurut Panglima TNI, Perang Rusia Ukraina telah membuat negara-negara di dunia meningkatkan anggaran belanja pertahanannya. Terlebih lagi dalam meningkatkan modernisasi persenjataan Angkatan Perang negaranya.

BACA JUGA :  Kunjungan Kerja ke Wilayah Kodam XII/Tpr, Panglima TNI Terima Penganugerahan Gelar Adat Dayak

Berkaca pada perang Rusia Ukraina, Panglima TNI mengungkapkan bahwa di balik perang konvensional (bersenjata) kedua negara tersebut, ada perang proxy yang sedang berlangsung. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk menjaga kedaulatan negaranya, sumber daya yang memiliki daya tangkal tinggi terhadap segala bentuk potensi ancaman.

Islamabad Security Dialog merupakan dialog yang mengangkat isu-isu yang menjadi perhatian bersama, diantaranya isu keamanan global dan regional, terorisme, narkotika, keamanan maritim, dan human trafficking.

BACA JUGA :  Peran Strategis PERSAJA: Mendorong Profesi Jaksa ke Era Baru Penegakan Hukum

Islamabad Security Dialog sendiri beranggotakan ratusan anggota yang terdiri dari Panglima Angkatan Bersenjata, diplomat, Duta Besar yang telah purna tugas, serta para akademisi dari berbagai negara di dunia.(*)

Galih RM

Bagikan Artikel :

Komentar