My Sertifikat: Solusi Mudah Pengurusan Sertifikat Tanah

RELASIPUBLIK.OR.ID, JAKARTA II Pemerintah melalui Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi meluncurkan aplikasi My Sertifikat, sebuah inovasi digital yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam memperoleh sertifikat tanah. Aplikasi ini diresmikan pada acara yang berlangsung di Kantor ATR/BPN Kota Makassar, Jalan AP Pettarani, Jumat (3/5/2024).

AHY menjelaskan bahwa aplikasi My Sertifikat akan mempermudah proses pengurusan sertifikat tanah, sehingga masyarakat bisa mengetahui biaya dan waktu yang dibutuhkan dengan lebih pasti. “Dengan My Sertifikat ini, pemohon bisa lebih pasti untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan lalu berapa lama proses ini akan dijalankan, yang juga memudahkan,” jelas AHY.

Peluncuran ini juga sejalan dengan fokus Kementerian ATR/BPN dalam digitalisasi layanan pertanahan. AHY menegaskan bahwa digitalisasi ini tidak hanya menambah jumlah aplikasi, tetapi juga memperkenalkan fitur-fitur esensial yang akan membantu masyarakat.

BACA JUGA :  Pangdam Tanjungpura Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI

Selain itu, program Pelataran atau pelayanan pertanahan akhir pekan turut diperkenalkan. Program ini dirancang untuk membantu warga yang sibuk bekerja dari Senin hingga Jumat, dengan memberikan pelayanan pertanahan setiap Sabtu dan Minggu. “Dengan pelayanan Pelataran ini, akan disediakan karpet merah setiap Sabtu dan Minggu untuk melayani lebih cepat, responsif, dan memudahkan semua pemohon,” tambah AHY.

BACA JUGA :  Serah Terima Jabatan Direktur Hukum Angkatan Darat Beserta Lima Jabatan Lainnya Di Lingkungan Angkatan Darat

AHY juga menyoroti pentingnya sertifikat tanah elektronik sebagai upaya menghadirkan keadilan bagi masyarakat, agar tanah mereka tidak diserobot oleh mafia tanah. Ia berharap petugas ATR/BPN di lapangan tetap fokus pada tugas melayani masyarakat dan mencegah praktik penyerobotan tanah.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses aplikasi My Sertifikat melalui situs resmi www.sertifikat.id. Dengan berbagai program dan inovasi ini, pemerintah berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan dipercaya oleh masyarakat luas.

BACA JUGA :  Kepala Bakamla RI Terima Courtesy Call Singapore Police Coast Guard

( Red )

Bagikan Artikel :

Komentar