Terapkan Prinsip ESG, PLN Kembangkan Komunitas Petani Lele Flamboyan Farm

RELASIPUBLIK.OR.ID, KABUPATEN TANGERANG || 31 Januari 2023 Senyum merekah menghiasi wajah-wajah anggota Komunitas Petani Lele Flamboyan Farm, yang berada di Kelurahan Mekar Bakti, Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten. Mereka baru saja menikmati hasil panen anakan lele yang meningkat hingga 4 kali lipat, usai mendapat dukungan dan pendampingan dari PLN.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, Komunitas Petani Lele Flamboyan Farm ini mendapat bantuan pengembangan usaha berupa tambahan 8 kolam pembibitan, dari sebelumnya hanya memiliki 15 kolam bioflok saja, kini memiliki 23 kolam bioflok, termasuk instalasi pengairan.

Ketua Komunitas Flamboyan Farm Hermanto mengatakan bahwa saat ini komunitasnya bisa mengantongi omzet hingga Rp 24 juta dalam sekali panen, dari sebelumnya hanya sebesar Rp 6 juta. Selain itu, jangkauan penjualan anakan lele ke para petani juga semakin meluas.

BACA JUGA :  Pani Gold Project dan DLH Kompak Bersihkan Sampah di Pantai Desa Pohuwato

Alhamdulillah berkat bantuan dari PLN kini kami dapat lebih banyak memasok anakan lele untuk para petani. Jangkauan kami pun menjadi lebih luas lagi, yang semula hanya untuk dua petani kecil di sekitar Kelurahan Mekar Bakti, kini kami bahkan dapat mengirimkan untuk Kawasan Kabupaten Tangerang,” ujar Hermanto.

Hermanto menjelaskan, perkembangan pesat yang dialami Komunitas Flamboyan Farm membuat mereka dipercaya oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang untuk membina seluruh pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten Tangerang. Dia mengatakan, Flamboyan Farm pun sangat bersemangat dalam berbagi ilmu dan memberdayakan masyarakat sekitar.

BACA JUGA :  Pani Gold Project Selenggarakan Donor Darah di Bulan K3 Nasional 2024

Tak hanya itu, Flamboyan Farm juga dijadikan tempat edukasi bagi pelajar dan mahasiswa tentang budidaya ikan air tawar.

Kami pun tidak ingin hanya berhenti pada besaran materi semata namun juga ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan berbagi ilmu yang telah kami dapatkan,” lanjut Hermanto.

Keberhasilan yang diraih komunitas Flamboyan Farm menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten, Abdul Mukhlis sebagai bukti nyata upaya PLN dalam menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan yang memperhatikan lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola atau ESG _(Enviromental, Social, Governance)_. Program PLN Peduli hadir untuk mendukung peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA :  Ungkap Kebenaran, Tim Kanwil ATR/BPN Provinsi Bali Cek Data Yuridis dan Data Fisik Lahan Batu Ampar

Kami berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat sekitar agar memiliki tingkat ekonomi yang lebih baik dengan memberdayakan kemampuan yang dimiliki. Juga diharapkan mereka bisa memberikan kontribusi juga untuk lingkungan sekitarnya,” kata Abdul Mukhlis.

Galih RM

Bagikan Artikel :

Komentar