Pimpin KTT Ke-18 Asia Timur, Presiden Jokowi Tegaskan Tekad ASEAN Jadikan Kawasan Pusat Pertumbuhan

RELASIPUBLIK.OR.ID, JAKARTA || Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 Asia Timur yang diselenggarakan di Ruang Cendrawasih 3, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Kamis, 7 September 2023. Pada pidato pembukanya, Presiden menegaskan bahwa ASEAN telah meneguhkan tekad untuk menjadikan kawasan sebagai pusat pertumbuhan.

ASEAN telah bertekad menjadikan kawasan in sebagai epicentrum of growth sehingga ASEAN akan terus bekerja, memainkan peran sebagai kontributor perdamaian dan stabilitas,” kata Presiden.

Presiden Jokowi selaku Ketua ASEAN menyatakan akan sangat menghargai apabila dalam KTT Asia Timur ini para pemimpin dapat menyepakati pernyataan tingkat pemimpin mengenai tekad tersebut.

BACA JUGA :  Menhan RI : Babinsa Ujung Tombak Komando Teritorial Dalam Mewujudkan Sishankamrata

Dan masyarakat dunia akan menilai apakah kita adalah para pemimpin yang memiliki wisdom untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua,” tambahnya.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa seluruh negara yang hadir pada KTT Asia Timur memiliki tanggung jawab yang sama untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan. Seluruh negara juga memiliki tanggung jawab untuk menciptakan ruang dialog dalam perbedaan yang ada.

BACA JUGA :  Presiden Terima Pansel Calon Anggota KPPU 2023-2028 di Istana Bogor

Kita memiliki tanggung jawab untuk tidak menciptakan konflik baru. Untuk tidak menciptakan ketegangan baru, untuk tidak menciptakan perang baru,” lanjut Presiden.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta seluruh pemimpin negara Asia Timur untuk menjadikan forum KTT ini sebagai tempat untuk memperkuat kolaborasi dan kerja sama, bukan untuk mempertajam rivalitas. Presiden juga mengajak seluruh pimimpinan untuk menunjukkan kebijaksanaan agar pertemuan ini bermanfaat nyata bagi rakyat.

BACA JUGA :  Buka Indonesian Crypto Consumer Summit 2023, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Indonesia Menjadi Hub Kripto di Asia Tenggara

Di sinilah masyarakat dunia akan menilai apakah kita adalah pemimpin yang memiliki wisdom untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua,” tegasnya.

Galih RM

Bagikan Artikel :

Komentar