Penguatan Unit Pemberantasan Pungutan Liar, Komitmen Kemenkumham Berantas Pungli

RELASIPUBLIK.OR.ID, BANDA ACEH || Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyelenggarakan Workshop Penguatan Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kemenkumham dengan tema Revitalisasi Unit Pemberantasan Pungutan Liar Kemenkumham yang BerAKHLAK, Senin (12/6/2023).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto juga menyematkan pin UPP Kemenkumham selaku Pengarah UPP Kemenkumham yang didampingi oleh Inspektur Jenderal Razilu selaku Ketua UPP Kemenkumham.

Laksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan pers, satker, dan sarana prasarana yang ada,” ujar Andap Budhi dalam sambutannya.

BACA JUGA :  Presiden: Pancasila Fondasi Indonesia Berhasil Hadapi Krisis Global

Ia menyampaikan wewenang dari UPP Kemenkumham untuk membangun sistem dan terus mengumpulkan data dan informasi terkait dengan penggunaan teknologi informasi pencegahan dan pemberantasan pungli.

Bukan hanya itu, juga berwenang memberikan rekomendasi pemberian sanksi kepada pelaku pungli sesuai dengan peraturan yang berlaku,” sambungnya.

Disamping itu, Razilu mengatakan berdasarkan Perpres No. 87 Tahun 2016 menyebutkan Satgas Saber pungli mempunyai tugas untuk memberantas pungli secara tegas, terukur, efektif dan efisien, serta menimbulkan efek jera bagi pelaku pungli itu sendiri.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Hormati Keputusan FIFA Terkait Piala Dunia U-20

Upaya pencegahan pungli perlu dilaksanakan melalui program yang komprehensif dan sistematis dengan sinergi pusat, wilayah, UPT dan peran masyarakat,” tutur Razilu.

Razilu juga mengajak untuk merevitalisasi dan menggelorakan kembali pemberantasan pungutan liar di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM dengan pendekatan yang lebih efektif dan terkoordinasi, melalui langkah-langkah pembaruan yang kontemporer sesuai dengan kondisi teraktual saat ini

Ini dimulai dengan memasang komitmen untuk berperang melawan pungli dari seluruh insan Pengayoman,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Ketua Satgas Saber Pungli Nasional Kemenkopolhukam, Deputi Bidang Informasi dan Data KPK, Sekretaris Jenderal LPSK, dan Sekretaris Jenderal Ombudsman RI.

BACA JUGA :  Jalur Ditutup saat Tamu Negara KTT AIS Forum 2023 Melintas, Polri Minta Maaf ke Masyarakat dan Wisatawan

Sementara itu, pada Kanwil Kemenkumham Aceh kegiatan ini diikuti secara virtual dari Aula Bangsal Garuda. Hadir Plh. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Rakhmat Renaldy, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Jurnalis, Kabag Program dan Humas Mahyadi, dan Kabag Umum Hendri Rahman.(*)

Galih RM

Bagikan Artikel :

Komentar